Dok - Presiden Joko Widodo dan Menhub Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • antara

Saling Waspada Mengawasi Covid-19 Varian Mu!

Kamis, 9 September 2021 - 05:43 WIB

Jakarta - Presiden Joko Widodo awal pekan ini meminta jajaran menteri, terutama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk mewaspadai Covid-19 varian Mu agar tidak meningkatkan tingkat pandemi di Tanah Air.

“Saya juga ingin perhatian dengan perhubungan. Mungkin Pak Menteri Perhubungan, yang berkaitan dengan varian baru, varian Mu, agar betul-betul kita lebih waspada dan detil, jangan sampai ini merusak capaian yang kita lakukan,” kata Presiden dalam video yang diunggah Biro Pers Sekretariat Presiden, di Jakarta.

Menyikapi perintah itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan langkah-langkah untuk mencegah varian baru Covid-19, yaitu varian Mu masuk ke Indonesia dengan melakukan pengendalian di simpul-simpul transportasi yang melayani rute internasional, yakni bandara internasional maupun pelabuhan internasional.

“Sesuai arahan bapak Presiden RI Joko Widodo kepada kami untuk mencegah masuknya varian baru COVID-19 ke Indonesia, kami segera menyiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasinya,” kata Menhub Budi Karya Sumadi.

Budi Karya Sumadi mengatakan Kemenhub juga berupaya meningkatkan konsolidasi internal dan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, yakni Kemenlu, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kemenkes, Satgas Penanganan COVID-19, Ditjen Imigrasi, dan pihak terkait lainnya.

Menhub mengatakan, Kemenhub juga akan melakukan koordinasi dengan TNI dan Polri untuk melakukan penjagaan, serta meminta pendapat para ahli epidemiologi, dan mencari informasi tentang pengalaman negara lain. Selain itu, Kemenhub juga berkoordinasi dengan operator sarana dan prasarana transportasi agar tetap konsisten menjalankan protokol kesehatan serta meningkatkan kewaspadaan terhadap varian baru COVID-19.

Pengawasan Pintu Masuk

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral