Tumpukan uang hibah senilai Rp10 miliar untuk perdamaian dua suku di Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Kamis (9/9/2021).
Sumber :
  • tim tvOne/Hendi Indrajaya

Pemkab Puncak Jaya Gelontorkan Rp10 Miliar Untuk Hentikan Perang Suku

Kamis, 9 September 2021 - 13:18 WIB

Puncak Jaya, Papua - Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya menggelontorkan dana hibah sebesar Rp 10 miliar untuk dua suku yang kerap berperang selama empat tahun terakhir. 

"Kami berikan bantuan uang sebesar Rp5 miliar untuk bagian atas, Rp5 miliar untuk bagian bawah, sehingga total Rp10 miliar," kata Bupati Puncak jaya, Yuni Wonda, Kamis.

Selain itu, pihak DPRD juga memberikan sumbangan sebesar Rp 2 miliar. "Sehingga total menjadi 12 miliar," lanjut dia.

Bantuan ini diharapkan digunakan untuk membangun kembali psikologi korban pasca perang suku yang sudah berlangsung selama empat tahun terakhir.

Penyerahan dana hibah ini juga disaksikan oleh anggota dua suku bagian atas dan suku bagian bawah, serta seluruh unsur Muspida, TNI dan Polri, serta tokoh agama.

Penyerahan dana ini dilakukan di lapangan alun-alun distrik Ilu. Pada acara ini dilakukan pula penandatangan pernyataan dari perwakilan dua suku.

Diketahui, perang adat di wilayah ini sudah menghilangkan puluhan nyawa dan beberapa rumah yang terbakar. Perang adat ini sudah berlangsung sejak tahun 2018. Selain itu, perang suku juga mengakibatkan aktivitas pemerintahan, pelayanan publik, pendidikan dan layanan kesehatan terganggu. (Hendi Indrajaya/ito)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral