Ketua Umum Partai Kongres Zakariani Santoso (kiri) dan Sekjen Partai Kongres Dharmo Larsono Lubis (tengah).
Sumber :
  • Syifa Aulia

Partai Kongres Harapkan Sistem Demokrasi yang 'Jujur dan Adil' pada Pemilu 2024

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 16:15 WIB

Jakarta - Partai Kongres harapkan proses Pemilu 2024 tak  hanya berjalan secara 'luber' atau langsung, umum, bebas, dan rahasia tapi juga 'jurdil' atau jujur dan adil.

Sekretaris Jenderal Partai Kongres, Dharmo Larsono Lubis, menyatakan harapan tersebut dalam konferensi pers setelah resmi mendaftar jadi calon peserta Pemilu 2024.

"Pelaksanaan Pemilu 2024 mudah-mudah yang betul-betul luber dan jurdil ya, kalau luber mungkin bisa dilaksanakan, yang kita perlukan itu jujur dan adil, artinya tidak ada perbedaan antara partai besar, kecil, dan menengah," ujarnya saat ditemui awak media, Sabtu (13/8/2022).

Menurutnya, sejak reformasi Indonesia sudah menjadi negara terbesar ketiga di dunia. Oleh sebabnya, Partai Kongres selaku partai kecil yang belum pernah duduk di parlemen mengharapkan pelaksanaan Pemilu yang demokratis.

Ia menginginkan sistem demokrasi yang sesuai dengan sila ke-5 yaitu 'Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia' yang artinya partai-partai di bidang politik pun ingin adanya keadilan yang setara. 

"Saya imbau kepada para komisioner KPU hendaknya menerapkan prinsip-prinsip demokrasi politik yang luber dan jurdil karna kami juga punya cita-cita, kami punya perjuangan supaya negara ini sistem demokrasinya benar-benar sesuai dengan dasar negara Pancasila," tandasnya.

Zakariani Santoso, seorang politisi perempuan yang kini menjabat sebagai Ketua Umum di Partai Kongres, menyampaikan hal serupa.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral