Jokowi tiba di Gedung Nusantara DPR MPR Kompleks Senayan Jakarta Pusat, 16/08/2022, pukul 09:05 WIB.
Sumber :
  • Julio Trisaputra

Jokowi Paparkan 4 Modal Penting Indonesia dalam Hadapi Krisis Global

Selasa, 16 Agustus 2022 - 13:16 WIB

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memaparkan empat kekuatan penting dari bangsa Indonesia dalam menghadapi krisis global akibat pandemi Covid-19 dan perang Rusia-Ukraina pada pidato kenegaraan di Gedung MPR RI.

Jokowi mengatakan saat perekonomian dunia yang  belum sepenuhnya bangkit akibat pandemi serta meletusnya perang di Ukraina telah mengakibatkan krisis global.

"Ujian ini tidak mudah bagi dunia dan juga tidak mudah bagi Indonesia. Semua ini harus kita hadapi dengan kehati-hatian dan dengan kewaspadaan," papar Jokowi pada Selasa, (16/8/2022).

Untuk itu Jokowi menjelaskan empat kekuatan penting yang dimiliki bangsa Indonesia, salah satunya pengelolaan pandemi Covid-19 dengan capaian vaksinasi mencapai 432 juta dosis.

"Kita patut bersyukur, Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini. Indonesia termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia," imbuh Jokowi.

Sementara itu kekuatan kedua Indonesia menurut Jokowi adalah sumber daya alam yang melimpah. Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, luasnya wilayah Indonesia dapat menjadi modal Industri untuk memaksimalkan kepentingan nasional.

"Hal ini akan membuka lapangan kerja, meningkatkan ekspor, menghasilkan devisa, meningkatkan pendapatan negara, serta mendongkrak pertumbuhan ekonomi," papar Jokowi.
Modal penting lain Indonesia adalah adanya bonus demografi di mana penduduk Indonesia yang sangat besar serta didominasi oleh anak-anak muda usia produktif dalam memajukan bangsa.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral