Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto..
Sumber :
  • tim tvonenews

Prabowo Subianto Nyapres Lagi di 2024, Siapa Wakilnya? Pengamat Politik Bilang ini...

Selasa, 16 Agustus 2022 - 15:51 WIB

Jakarta - Ketua umum partai Gerindra Prabowo Subianto telah mendaklarasikan diri untuk kembali mencalonkan diri sebagai calon presiden pada Pilpres 2024 mendatang. Namun demikian, Prabowo belum mengumumkan siapa pendamping yang akan menjadi calon wakil presiden pada kontestasi pilpres itu.

Padahal, saat mendeklarasikan sebagai capres di Rakernas Sentul akhir pekan lalu, Prabowo dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar telah menandatangani piaga kerjasama politik antara Partai Gerindra dan PKB menghadapi Pemilu 2024.

Lantas mengapa Prabowo tidak mendeklarasikan sebagai capres cawapres bersama Muhaimin Iskandar? Menurut pakar politik Moh Sholeh Basyari, ada sejumlah hal mengapa hal itu tidak terjadi.

"Prabowo dalam posisi sangat dilematis, terkait siapa representasi NU yang ideal digandeng demi memenangkan pilpres 2024," kata dia dalam keterangan tertulis, Selasa (16/8/2022). 

Ia menambahkan, posisi dilematis Prabowo terbaca dari bacaan bahwa dia tidak ingin gagal dalam perhelatan pilpres kali ini, atau pilpres keempat kali bagi Prabowo.

Selain itu, kata dia, "Prabowo melihat Muhaimin "gagal" menyatukan atau bahkan sekedar melakukan konsolidasi dengan PB NU, pendukung Gus Dur serta "pendatang baru" yang fresh yakni Yaqut Cholil qoumas," kata dia.

Selain itu, ia menilai Prabowo masih posisi menunggu perkembangan politik dari calon potensial yang lain. "Secara eksternal, Prabowo belum melihat pergerakan signifikan pasangan capres-cawapres lain: Anies-AHY, Puan-Andika, atau Ganjar-Erick Thohir," pungkasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral