Jokowi kenakan pakaian adat Kesultanan Buton.
Sumber :
  • Antara

Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat Buton di Acara HUT ke-77 RI, Sarat Filosofi Kepemimpinan

Rabu, 17 Agustus 2022 - 13:03 WIB

Jakarta - Setelah kemarin pada Sidang Tahunan MPR RI bersama DPR RI dan DPD RI, Joko Widodo mengenakan baju adat Paksian asal Bangka Belitung, hari ini, Rabu (17/08/2022), bertepatan dengan Kemerdekaan Indonesia, Presiden Jokowi memakai pakaian adat Kesultanan Buton di HUT ke-77 RI dalam upacara bendera yang dilangsungkan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

"Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton," kata Jokowi kepada wartawan di Istana, Jakarta Pusat, Rabu (17/8).

Pakaian adat yang langsung dikirimkan oleh Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara ini bernama Dolomani yang sarat filosofi kepemimpinan. Hal itu terlihat dari ornamen bunga rongo pada sisi kiri dan kanan yang melambangkan perjalanan seorang pemimin.

Waode Nursanti Monianse, Ketua Dekranas Kota Baubau, menjelaskan filosofi dari baju ada yang dikenakan Jokowi hari ini.

"Jadi filosofinya ada beberapa ornamen itu misalnya seperti bunga rongo yang ada di sisi kiri dan kanan, itu kan dia tumbuhnya dari bawah ke atas jadi seorang pemimpin dari bawah ke atas kemudian akan kembali lagi ke bawah," terangnya.

Dolomani terdiri dari baju, celana, sarung, kopiah yang dilengkapi dengan badik serta katuko atau tongkat. Pakaian Dolomani tersebut terlihat berwibawa dengan dominasi warna merah.

Selain itu, salah satu corak tumbuhan yang menempel di baju dan kopiah bertuliskan 'maulana' atau dalam Bahasa Arab berarti pemimpin umat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:35
03:20
01:47
02:02
00:54
07:24
Viral