Ilustrasi pelajar yang sedang mengunjungi bootcamp Bank DKI.
Sumber :
  • Dok. Bank DKI

Soal Pungli SK Guru KKI, Dinas Pendidikan DKI: Kami Tidak Tahu

Rabu, 24 Agustus 2022 - 13:15 WIB

Jakarta - Puluhan guru yang tak juga kunjung mendapatkan Nomer Induk Kepegawaian (NK), diduga karena adanya pungli terkait isu Surat Keputusan (SK) Pengangkatan Guru Kontrak Kerja Individu (KKI). menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Muh Roji, angkat bicara.

Menurut Roji, semua proses penetapan NIK telah dilakukan pihaknya, namun tak sampai hingga ke dinas.

"Jadi sudah kita (Disdik DKI Jakarta) urus, usulan sudah ada, kita proses. Ini ketika mengurus nomor induk kontrak individunya ternyata tidak sampai ke dinas, jadi tertunda-tunda gitu," jelas Roji saat dikonfirmasi, Rabu (24/8/2022).

Roji mengaku pihak Disdik DKI Jakarta sudah merampungkan data-data guru dan memasuki tahap penyelidikan lebih lanjut. Total ada 65 guru yang mengeluhkan NIK KI tidak kunjung keluar.

"Untuk penelusuran data-data guru itu sudah kita rampungkan dan sudah kita proses. Penerbitan kontrak kerja individunya atau SKnya di tahun 2022 ini, dan sudah kita distribusikan melalui Sudin (Suku Dinas) Pendidikan wilayah satu Jakarta Timur sejak kemarin," ujar Roji.

Ada pun jika oknum yang bersangkutan dinyatakan bersalah, terkait sanksi yang akan diberikan itu adalah keputusan penuh Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta. 

"Tapi kalau untuk regulasi yang saya ketahui. Paling dilihat dari hasil penelusuran dan pemeriksaannya. Kalau memang Aparatur Sipil Negara (ASN), nanti paling dikaitkan dengan PP 94. Tapi kalau dia non ASN ya lain lagi," katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral