Sejumlah warga dan petugas membersihkan sisa longsor di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (14/9/2021).
Sumber :
  • tim tvOne/Rizki gustana

Tolong! Kabupaten Sukabumi Dikepung Bencana

Selasa, 14 September 2021 - 18:06 WIB

Sukabumi, Jawa Barat - Hujan deras yang mengguyur secara merata hampir di seluruh Kabupaten Sukabumi sejak Minggu (12/9) kemarin hingga Selasa (14/9) mengakibatkan bencana longsor, banjir, angin kencang dan pohon tumbang di berbagai wilayah.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi hingga Selasa petang, tercatat dampak bencana terjadi di 10 kecamatan, antara lain di Kecamatan Cicurug, Cidahu, Parungkuda, Parakansalak, Kabandungan, Cikidang, Caringin, Cibadak, Cisolok dan Gegerbitung.

Sekretaris BPBD Kabupaten Sukabumi, Anita Mulyani mengatakan, hujan deras yang mengguyur pada Minggu kemarin mengakibatkan longsor di Kampung Pasirpangan RT 03/05 Desa Caringin, Kecamatan Cicurug. Tanah yang labil setelah diguyur hujan dan mengakibatkan akses jalan lingkungan terancam ambrol.

"Di hari yang sama sekira pukul 17.00 WIB, terjadi luapan Sungai Cibojong yang melintasi empat desa di Kecamatan Cidahu, yakni Desa Pasirdoton, Cidahu, Jayabakti dan Pondokkaso Tengah. Kondisi sungai berangsur surut meski sempat diguyur hujan," ujar Anita 

Lanjut Anita, Minggu malam sekira pukul 23.30 WIB, luapan sungai mengakibatkan jalan lingkungan di Kampung Bojong Astana RT 03/04 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda tergerus arus sungai sehingga tak bisa dilalui oleh warga.

"Masih di hari Minggu, sekira pukul 22.00 WIB terjadi longsor di Dusun Cisuren, Desa Cicadas, Kecamatan Cisolok. Material longsoran menutup akses jalan antar Kedusunan Cisuren dan Lebaknangka, Desa Cicadas. Sementara akses jalan tak bisa dilalui kendaraan roda empat, hanya bisa dilalui roda dua," imbuh Anita.

Sementara di Kampung Pajagan RT 04/03 Desa Parakansalak, Kecamatan Parakansalak hujan deras mengakibatkan jalan setapak longsor dan mengancam satu unit rumah yang dihuni tiga jiwa.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral