Nadiem Makarim bersama para delegasi pertemuan tingkat pejabat tinggi dan tingkat menteri G20 bidang kebudayaan menanam puluhan benih pohon warisan budaya di Pelataran Kenari, Kawasan Candi Borobudur..
Sumber :
  • Antara

Delegasi G20 Menanam Puluhan Benih Pohon di Borobudur

Selasa, 13 September 2022 - 20:46 WIB

Magelang - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengajak para delegasi pertemuan tingkat pejabat tinggi dan tingkat menteri G20 bidang kebudayaan untuk menanam puluhan benih pohon sebagai warisan budaya.

“Penanaman benih pohon itu adalah merupakan aksi nyata dalam memperkuat konsep hidup yang berkelanjutan untuk pulih bersama dan tumbuh lebih kuat serta menunjukkan peran budaya demi tercapainya bumi lestari, kata Kemendikbudristek dalam pernyataannya di Magelang pada Selasa, 13 September 2022.

Acara penanaman pohon berlangsung di Pelataran Kenari, Kawasan Candi Borobudur dan dihadiri secara langsung oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim. Dalam sambutannya Nadiem menyampaikan bahwa kebudayaan merupakan dasar utama dalam sebuah kehidupan.

“Penanaman pohon di Candi Borobudur ini juga memberikan gambaran menyatunya antara kehidupan dan kebudayaan. Oleh karena itu, penanaman pohon ini merupakan salah satu wujud nyata bagi Indonesia dengan negara-negara G20 lainnya demi melestarikan bumi kita,” ujarnya.

Menurut Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid, Koordinator Pertemuan Tingkat Menteri Kebudayaan G20, kegiatan penanaman benih pohon itu bertujuan untuk menambah keindahan sekaligus memperkuat tema G20 kebudayaan untuk bumi lestari secara simbolis.

“Hal ini dapat menjadi inspirasi sekaligus salah satu sarana edukasi bagi para delegasi G20 untuk memulihkan dunia dimulai dari langkah kecil,” kata Hilmar.

Kemendikbudristek menyiapkan lima benih pohon yang terinspirasi dari relief Lalitavistara dan Avadhana di Candi Borobudur, yaitu benih poin Nagasari yang melambangkan istana dan hutan, benih pohon Pulai yang berdaun lebat dan suci, benih pohon Tanjung sebagai tanaman suci yang diasosiasikan dengan Sang Budha, benih pohon Asam Jawa, dan benih pohon Kenari.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral