Jendera Nasution, Presiden RI 1 Soekarno dan Jenderal Soeharto.
Sumber :
  • istimewa

Soekarno Dianggap Sebagai Sosok yang Menjengkelkan Bagi Blok Barat, Begini Skenario Amerika Tumbangkan Soekarno Melalui PKI

Kamis, 15 September 2022 - 08:04 WIB

Ada banyak teori konspirasi yang beredar diseputar peristiwa tersebut, terkait siapa sebetulnya dalang dibalik G30S PKI yang dimotori sekelompok "perwira berpikiran maju" yang tega menghabisi atasannya sendiri di Angkatan Darat.

Salah satu teori yang mengemuka adalah dugaan keterlibatan operasi inteligen Amerika Serikat melalui Central Intelligence Agency atau CIA untuk mendorong kejatuhan Soekarno di Indonesia melalui G30S PKI.

Indonesia dibawah kepemimpinan Presiden Soekarno dipandang blok barat terlalu dominan berkiblat pada blok komunis Soviet dan RRC. Karena itu Soekarno dianggap sebagai sosok yang menjengkelkan.

Politik luar negeri Soekarno yang bebas aktif dan dipamerkan pada Konferensi Asia Afrika 1955, hujatan berulangnya terhadap imperialisme Barat, dan kesediaannya merangkul PKI sebagai bagian integral dalam politik Indonesia, ditafsirkan di Washington sebagai bukti kesetiaan Sukarno kepada Moskow dan Beijing. 

Foto: Pidato Presiden Soekarno di Majelis Umum PBB, 1960. (Dok. YouTube - Arsip Nasional RI)

Eisenhower dan Dulles bersaudara – Allen sebagai kepala CIA dan John Foster sebagai kepala Departemen Luar Negeri memandang semua pemimpin nasionalis Dunia Ketiga yang ingin tetap netral di tengah-tengah perang dingin sebagai antek-antek komunis. 

John Rossa dalam bukunya "Dalih Pembunuhan Massal, Gerakan 30 September dan Kudeta Suharto", diterbitkan dalam bahasa Indonesia oleh Institut Sejarah Sosial Indonesia dan Hasta Mitra, Januari 2008, memaparkan bagaimana Amerika ikut serta "Menata Panggung Bentrokan" antara Angkatan Darat dan PKI melalu peristiwa G30S PKI.

Sesudah PKI memenangi pemilihan umum daerah pada pertengahan 1957, Dulles bersaudara berpikir waktunya telah tiba untuk bergerak melawan Soekarno. 


Operasi Intelijen Memecah Belah Indonesia

Sebuah komite ad hoc untuk Indonesia dalam Dewan Keamanan Nasional AS pada September 1957 menyimpulkan bahwa Amerika Serikat harus “memperkuat kebulatan tekad, kemauan dan kepaduan pasukan antikomunisnya di pulau-pulau luar Jawa,” sehingga mereka bisa berperanan sebagai “titik penggalangan kekuatan jika kaum komunis menguasai Jawa.”

"Pada akhir 1957 pemerintah Eisenhower berpendapat bahwa kebangkitan PKI, khususnya di Jawa, berarti telah datang saatnya untuk memecah-belah kepulauan Indonesia menjadi satuan-satuan yang lebih kecil" tulis Rossa.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
25:54
04:20
02:33
00:52
02:08
Viral