Agenda Forum Religion of Twenty (R20).
Sumber :
  • viva.co.id

Agenda R20 Mendorong Nilai-Nilai Moral dan Spiritual ke Dalam Struktur Politik dan Ekonomi Global

Kamis, 22 September 2022 - 01:13 WIB

Jakarta - Agenda Forum Religion of Twenty (R20) mendorong nilai-nilai moral dan spiritual ke dalam struktur politik dan ekonomi global, terutama tentang bagaimana agama bisa menjadi bagian dari solusi. 

“Itu bisa terjadi jika agama mampu mendorong nilai-nilai moral dan spiritualnya untuk diresapkan ke dalam struktur politik dan ekonomi global,” kata Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) K.H. Yahya Cholil Staquf di Jakarta, Rabu, (21/09/2022).

Staquf yakin, dinamika dan perkembangan ekonomi-politik akan mengarah kepada peradaban manusia yang diharapkan. “Dengan demikian, dunia ini dalam dinamika ekonomi-politiknya akan menuju visi membangun kemuliaan peradaban manusia, bukan cuma perebutan dominasi yang ujungnya menghilangkan makna kemanusiaan. Itu akan jadi agenda R20,” ucapnya.

R20 digagas Yahya Cholil Staquf pada Januari 2022 dan diketuai secara bersama oleh PBNU dengan Liga Muslim Dunia, organisasi berbasis di Makkah. Misi utama R20 adalah mewujudkan kerja sama semua agama dan bangsa di dunia untuk mendorong terciptanya struktur politik dan ekonomi global yang selaras dengan nilai-nilai luhur setiap agama.

PBNU akan menggelar Religion Forum (R20) dengan acara International Summit of Religious Leader pada 2-3 November 2022 di Nusa Dua, Bali. PBNU menggandeng Liga Muslim Dunia sebagai penyelenggara bersama (co-host). R20 merupakan engagement group G20.

Forum dialog antartokoh agama dunia ini bakal membahas beberapa agenda penting yang semuanya merupakan ikhtiar menjadikan agama sebagai sumber solusi atas berbagai permasalahan global.

Forum ini berupaya untuk merumuskan agar agama tidak lagi menjadi penyebab dan masalah itu sendiri, tetapi beranjak menjadi solusi dari masalah global.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral