pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan selama protes atas kematian seorang wanita yang ditahan oleh polisi moral, di pusat kota Teheran, Iran..
Sumber :
  • AP Newsroom

Tahanan Wanita Meninggal, Masyarakat Iran Protes Sebabkan 9 Demonstran Tewas

Jumat, 23 September 2022 - 14:36 WIB

Jakarta - Bentrok yang terjadi di Iran mengakibatkan beberapa orang tewas. Para pendemo Iran emosi atas kematian Mahsa Amini, seorang wanita muda yang ditahan karena diduga melanggar aturan berpakai yang diberlakukan secara ketat. 

Kematian Mahsa Amini, telah memicu kecaman tajam dari Amerika Serikat, Uni Eropa dan PBB.

Kerusuhan yang terjadi akibat bentrok ini adalah yang terburuk selama beberapa tahun. Pengunjuk rasa melampiaskan kemarahannya atas represi sosial dan krisis yang memuncak di negara itu. 

Untuk mencegah terjadinya penyebaran protes, salah satu operator telekomunikasi terbesar di Iran menutup akses internet seluler. 

Operator telekomunikasi menyatakan bahwa pembatasan ini adalah yang paling parah sejak 2019 saat kenaikan harga bensin yang dilakukan oleh pemerintah.

Protes semakin berkembang menjadi tantangan terbuka bagi pemerintah. Beberapa perempuan melepas dan membakar jilbab mereka di jalanan.

Dilansir dari Apnews, salah seorang penyiar televisi Iran mengatakan bahwa unjuk rasa ini telah mengakibatkan 17 orang tewas. Namun, ia tidak mengatakan bagaimana ia bisa mencapai angka tersebut. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:36
06:06
01:05
01:46
02:38
03:57
Viral