Staf Ahli Menteri bidang Teknologi Kesehatan sekaligus Chief of Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes, Setiaji di Kanada 13-15 September 2022..
Sumber :
  • (FOTO ANTARA/HO-Kemenkes).

Indonesia Memperkenalkan Federated Public Trust Directory kepada 197 Negara

Sabtu, 24 September 2022 - 00:32 WIB

Jakarta - Pemerintah Indonesia memperkenalkan inisiatif Federated Public Trust Directory G20 kepada 197 delegasi internasional dalam rangka mempermudah verifikasi sertifikat vaksin COVID-19 di seluruh gerbang masuk negara.

“Targetnya, inisiatif ini diterapkan di setiap gerbang kedatangan negara-negara untuk mempermudah verifikasi sertifikat vaksin COVID-19. Sehingga perjalanan luar negeri antarnegara jadi lebih aman dan nyaman," kata Staf Ahli Menteri bidang Teknologi Kesehatan sekaligus Chief of Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes Setiaji di Jakarta, Jumat (23/9/2022).

Federated Public Trust Directory adalah sebuah kerangka kerja global yang menyatukan infrastruktur digital untuk memverifikasi dokumen otentik di seluruh jaringan global terpercaya.

Setiaji mengatakan, selama ini negara-negara G20 masih memanfaatkan sistem yang berbeda-beda sesuai dengan kesepakatan kebijakan di setiap negara. Sehingga saat terjadi pandemi, berimbas pada pergerakan pelaku perjalanan hingga perniagaan di seluruh dunia.

Jaringan global yang dimaksud Setiaji di antaranya The International Air Transport Association (IATA), International Civil Aviation Organization (ICAO), EU Green Certificates, Common Trust Network dan lain sebagainya.

Menurut Setiaji, kondisi itu mengakibatkan kesulitan tersendiri, terutama dalam mengenali kode sertifikat vaksin pada orang yang melakukan perjalanan antarnegara dengan sistem yang berbeda.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral