Kapal Pengayoman IV Terbalik di Perairan Nusakambangan, Cilacap, Jateng.
Sumber :
  • Istimewa

Muatan Terlalu Berat Diduga Jadi Penyebab Kapal Pengayoman IV Terbalik

Jumat, 17 September 2021 - 11:59 WIB

Cilacap, Jawa Tengah – Kapal Pengayoman IV terbalik di perairan Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah pada Jumat (17/9) pagi. Humas Badan Nasional Pertolongan dan Pencarian (Basarnas) Cilacap Syaiful Anwar menduga kapal tersebut mengalami kecelakaan karena tidak kuat membawa muatan yang terlalu berat.

“Dimungkinkan kapal tenggelam karena bebannya lumayan, bawa dua truk dan pasir. Kapal perbaikannya juga kurang, ya,” kata Syaiful saat diwawancarai Ken Anne di Kabar Siang tvOne.

Syaiful menuturkan, kapal Pengayoman IV terbalik saat hendak menyeberangkan dua truk tronton bermuatan pasir dari Dermaga Wijayapura, Cilacap, menuju Dermaga Sodong, Pulau Nusakambangan. Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 08.30 WIB.

“Ini menjadi kegiatan rutin. Kapal ini untuk bawa barang dari Dermaga Wijayapura ke Nusakambangan. Diperkirakan jarak tenggelam dari Dermaga sekitar 200 meteran,” ujar Syaiful.

Syaiful juga menuturkan, pihaknya telah mengevakuasi tujuh orang.

“Untuk informasi terakhir data manifesnya ada tujuh orang bersama nakhoda kapalnya, mereka berhasil dievakuasi. Info terakhir dua orang meninggal dunia di RSUD Cilacap. Lima orang lainnya selamat tetapi masih diobservasi di RS Santa Maria Cilacap,” tambahnya.

 Namun Syaiful mengaku belum dapat memastikan berapa jumlah orang yang ada di kapal tersebut. Timnya saat ini masih berada di lokasi terbaliknya kapal.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral