Konser yang bertempat di Taman Aksobya, Kawasan Percandian Borobudur ini, menampilkan para musisi ternama Indonesia (27/9/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Eddy Suryana

Kemdikbudristek RI Kolaborasi dengan ATSANTI Foundation Gelar Konser di Borobudur

Selasa, 27 September 2022 - 20:59 WIB

Yogyakarta - Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek RI) berkolaborasi dengan Yayasan Atma Nusvantara Jati (ATSANTI Foundation) gelar konser musik budaya bertajuk “Nada Nusantara Live at Borobudur”.

Konser yang bertempat di Taman Aksobya, Kawasan Percandian Borobudur ini, menampilkan para musisi ternama Indonesia, seperti Ridho Hafiedz, Ardhito Pramono, Yura Yunita, Marcello Tahitoe, dan musisi-musisi dari 3 daerah; Jawa Tengah, Bali, serta Maluku.

Konser ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan program kemendikbudristek dan Atsanti Foundation dengan nama yang serupa, yaitu Nada Nusantara. 

Nilo Wardhani, Ketua Yayasan ATSANTI mengatakan, program ini adalah sebuah wujud upaya Preservasi, Inspirasi, dan Regenerasi budaya di Indonesia, khususnya melalui kacamata seni musik dan alat musik tradisional agar relevan, terkini, dan diminati oleh generasi muda.

“Sejak Mei 2020, Yayasan ATSANTI melalui berbagai program secara konsisten mengajak berbagai pihak untuk mengenali, mencintai, serta memajukan musik tradisi Nusantara melalui inovasi dan kreasi baru yang segar. Pada program Nada Nusantara ini, ATSANTI menggandeng beberapa musisi kontemporer untuk turut mengampanyekan penggunaan alat musik tradisi dalam karya musik mereka,” ujar Nilo Wardhani, Ketua Yayasan ATSANTI saat ditemui di Yogyakarta, Selasa, 27 September 2022. 

Program ini telah dimulai pada pertengahan 2022 di tiga titik daerah, yaitu Jawa Tengah, Bali, dan Maluku. 

Kegiatan terdiri dari Workshop dan Forum Group Discussion (FGD), kolaborasi penciptaan musik baru antara musisi kontemporer dan musisi-musisi dari tiga daerah. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:40
01:09
02:29
02:19
01:59
04:18
Viral