Sejumlah warga berjalan di daerah yang terdampak banjir di Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (24/9/2022).
Sumber :
  • Antara

Banjir Masih Mengancam! BNPB: Waspada hingga Awal Oktober

Rabu, 28 September 2022 - 08:05 WIB

Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat di sejumlah daerah di Indonesia untuk waspada banjir hingga awal Oktober 2022.

Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam Disaster Briefing di Jakarta, Selasa (27/9/2022), mengungkapkan alasan mengapa masyarakat di Tanah Air masih harus waspada banjir hingga awal Oktober.

Saat ini, kata Abdul Muhari, menurut prakiraan cuaca September Dasarian III yang masih berlangsung, wilayah Kalimantan Barat bagian barat, Kalimantan tengah bagian selatan, dan Jawa Barat diperlukan kewaspadaan.

Namun memasuki Oktober Dasarian I secara umum curah hujan tidak terlalu signifikan, kecuali Papua di bagian tengah, salah satunya di wilayah Timika, yang diperlukan kewaspadaan.

Sehingga Abdul mengimbau masyarakat di wilayah tersebut untuk waspada terhadap kemungkinan banjir bandang dan tanah longsor. Sebab, dalam beberapa tahun terakhir, Papua sering dilanda banjir dan longsor, seperti yang paling signifikan terjadi di Sentani, Kabupaten Jayapura pada tahun 2019.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari

"Jadi ini masyarakat di Papua bagian tengah harus waspada, karena peningkatan intensitas curah hujan di minggu pertama bulan Oktober," ujar Abdul.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral