Foto Pahlawan Revolusi Kapten Tendean.
Sumber :
  • Wikipedia

Profil Pahlawan Revolusi Pierre Tendean

Kamis, 29 September 2022 - 17:19 WIB

Jakarta - Kapten CZI Pierre Tendean adalah seorang pahlawan revolusi asal Indonesia yang lahir di Jakarta, Indonesia pada 21 Februari 1939 dengan nama lengkap Pierre Andreas Tendean. 

Pierre Tendean merupakan anak dari orang tua yang asalnya berbeda. Ayahnya (dr. A.L. Tendean) merupakan keturunan Minahasa. Berbeda dengan ibunya (yang berasal dari keturunan Belanda-Prancis. 

Ia menempuh pendidikan sekolah dasarnya di Magelang, Jawa Tengah. Lalu, pendidikan SMP dan SMAnya berlanjut di Semarang, Jawa Tengah. 

Keinginan untuk menjadi seorang Akademi Militer Nasional telah melekat sejak masih sekolah. Akan tetapi, almarhum orang tuanya menginginkannya untuk menjadi seorang dokter (selayaknya pekerjaan yang ditekuni oleh ayahnya) atau seorang insinyur. Dengan inilah Tendean memiliki tekad kuat hingga berhasil masuk ke Akademi Teknik Angkatan Darat di Tahun 1958.

Karier Pierre Tendean di dunia militer dimulai pada 1962. Satu tahun kemudian, Pierre Tendean mendapatkan kesempatan untuk masuk ke sekolah Intelijen di Bogor, Jawa Barat. Setelahnya, tugas intellijen dijalankan olehnya di berbagai daerah.

Pekerjaannya berlanjut menjadi seorang ajudan dari Jenderal Abdul Haris Nasution. Ternyata, inilah pekerjaan yang dilakukan olehnya sampai akhir hayatnya. 

Pada 1 Oktober 1965, Kapten Tendean mendengar suara tembakan dan keributan saat sedang tertidur di ruang belakang yang berada di rumah Jenderal Abdul Haris Nasution di Jl. Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral