Warga Sikka tengan mengantri di sumber mata air yang jaraknya satu kilometer dari pemukiman mereka.
Sumber :
  • Tim tvONE/Oktivianus Ferdy Kobban

Demi Air Bersih Warga di Sikka Harus Berjalan Sejauh Satu Kilometer, Warga: Sudah Puluhan Tahun Kami Begini

Rabu, 5 Oktober 2022 - 10:50 WIB

Sikka, NTT - Demi mendapatkan satu jeringen air bersih, Warga dusun Krado dan dusun Wologahar, desa Ipir Kecamatan Bola, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, harus berjalan kaki sejauh 1 kilometer menuju kali krado.

Di kali inilah, masyarakat secara bergantian menadah air yang keluar dari bawah batang pohon dengan debit air yang sangat kecil.

"Ya kami harus jalan kaki ke kali ini untuk mendapatkan air yang keluar dari bawah batang pohon," Ungkap Antonius Drodakus, Warga dusun Krado, saat ditemui tvOnenews.com, Rabu (05/10/2022) pagi.

Menurut Deodakus, kondisi ini sudah terjadi sejak puluhan tahun silam. Pasalnya, tidak ada sumber mata air selain mata air yang berada di kali Krado. Sementara pemukiman warga berada di daerah ketinggian.

"Selama ini tidak ada pipa air bersih dari PDAM yang sampai ke kampung kami maupun sumber mata air yang dekat, sehingga warga hanya mengandalkan air hujan saat musim hujan tiba," tuturnya.

Selama ini, Lanjut Dakus, Masyarakat sudah menyampaikan kondisi yang terjadi kepada pemerintah Desa maupun pemerintah kabupaten. Namun, tidak ada jawaban akan kesulitan air bersih yang dialami warga.

"Pemerintah hanya datang lihat sumber mata air dan hanya janji akan membangun jaringan air bersih. Namun sebatas manis di bibir saja," Keluh Deodakus. (ofk/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:21
02:44
09:37
02:52
04:28
07:37
Viral