Airlangga Hartanto.
Sumber :
  • istimewa

P20 Buka Potensi Perkuat Solidaritas Hadapi Krisis Global

Kamis, 6 Oktober 2022 - 14:22 WIB

Jakarta - Pemerintah yang diwakili oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartanto, mengapresiasi forum parlemen yang dilaksanakan di Jakarta jelang Konferensi Tingkat Tinggi Parlemen Negara-negara G20 yaitu Parliamentary Speaker’s Summit (P20). 

Hadirnya forum ini, baginya, menjadi pintu pembuka dialog antar negara untuk memperoleh solusi atas krisis global yang terjadi di dunia.

“Kita berkumpul di sini hari ini karena dunia telah berubah dengan cepat. Kita menyebutnya sebagai ‘perfect storm’, yaitu krisis multidimensi yang cepat. Seperti, tantangan keamanan, ekonomi, dan lingkungan ini telah menunda upaya kita untuk mempercepat pemulihan,” kata Airlangga di hadapan para Pimpinan DPR dan para delegasi anggota P20 di Gedung Nusantara II, kemarin.

Airlangga Hartanto menekankan krisis global yang sedang terjadi harus diatasi bersama-sama dengan semangat solidaritas. Tanpa semangat ini, jelas Airlangga, akan menimbulkan ego, yang akan mempersulit negara-negara di dunia untuk bertahan menghadapi krisis global. 

Sebagai contoh, ia menjelaskan Indonesia sebagai negara yang berupaya mempertahankan solidaritas di tengah pandemi Covid-19, mampu mencatat pertumbuhan ekonomi sebesar 5,44 persen per triwulan II-2022. 

Sehingga, ia ingin negara-negara, khususnya G20 dalam menghadapi krisis pangan, inflansi, hingga perubahan iklim harus mengedepankan solidaritas.

“Tantangan itu hanya bisa kita atasi jika kita dipersatukan oleh rasa kemanusiaan dan solidaritas yang kuat. Saat kita berkumpul di sini, hari ini, dunia melihat kita dengan harapan untuk membawa perbaikan bagi konstituen,” katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral