Ferdy Sambo.
Sumber :
  • Tim Tvonenews/Julio Trisaputra

Bakal Pantau Sidang Ferdy Sambo Pekan Depan, Komisi Yudisial Pasang Kamera Pengawas dan Bentuk Tim Khusus

Jumat, 14 Oktober 2022 - 15:45 WIB

Jakarta - Komisi Yudisial (KY) bakal memantau sidang Ferdy Sambo dan tersangka lainnya atas kasus pembunuhan berencana Brigadir J yang akan digelar pekan depan.

Salah satu upaya pemantauan yang akan dilakukan KY terhadap kasus Ferdy Sambo adalah dengan memasang kamera pengawas di ruang sidang.

"Jadi tidak hanya personel tampak dan KY saja yang mengawasi tapi juga ada personel yang tidak tampak ikut mengawasi jalannya persidangan atau lokasi manapun. Mata KY akan memantau perkara ini secara dekat," ujar Juru Bocara KY , Miko Ginting kepada awak media, Jumat (14/10/2022).

KY mengatakan pemantauan ini guna menjaga kemandirian hakim. Menurutnya persidangan Sambo ini perlu pengawasan terhadap hakim agar tak melakukan perlanggaran etik.

"Pemantauan dilakukan untuk tujuan menjaga kemandirian hakim jadi ada dua tujuan, pertama adalah pengawasan terhadap perilaku hakim agar hakim tidak melakukan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku hakim. Kedua dalam konteks advokasi agar hakim menjaga kehormatannya, baik dari intimidasi maupun iming-iming," jelas Miko.

Terkait pemantuan sidang Ferdy Sambo, Miko mengatakan KY telah membentuk tim khusus tersendiri.

"Ada 2 tim yang terbagi dalam satu pemantauan dan pengawasan, satu lagi pemantauan dalam per advokasi. Tim tersebut akan hadir di persidangan dari waktu ke waktu, itu yang pertama. Yang kedua, ada tim yang bertugas memonitor secara tidak tampak. Itu untuk mengumpulkan informasi, keterangan, memantau secara dekat dan melihat perilaku perilaku hakim," lanjutnya. (ree)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral