Ketua DPR RI Puan Maharani.
Sumber :
  • Antara

Maraknya Kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak, Ketua DPR Puan Maharani: Tetapkan Penyakit Ini sebagai KLB

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 10:54 WIB

Jakarta - Maraknya kasus gagal ginjal akut yang menyerang anak-anak, Ketua DPR RI Puan Maharani meminta agar segera menetapkan penyakit ini sebagai kejadian luar biasa (KLB).

"Kasus gagal ginjal akut pada anak sudah cukup mengkhawatirkan, kalau dari data-data yang ada sudah memenuhi syarat, segera tetapkan penyakit ini sebagai kejadian luar biasa atau KLB,” ujar Puan Maharani dalam keterangannya, Sabtu (22/10/2022).

Kasus gagal ginjal akut yang menyerang anak-anak ini melonjak menjadi lebih dari 200 kasus dengan angka kematian yang hampir mencapai 50 persen dalam sepekan.

Dari data yang ada, terdapat 206 kasus gagal ginjal akun yang 99 anak meninggal dunia.

Menurut Puan Maharani, angka tetsebut cukup tinggi dan memerlukan pertimbangan lanjut bagi pemerintah agar menetakan stasus penyakit ini sebagai KLB.

"Kasus yang diketahui ratusan tapi korbannya bisa jadi jauh lebih banyak. Situasi ini sangat genting dan mengancam keselamatan anak-anak," jelasnya.

Ketua DPR RI ini menyebut, status KLB nantinya akan sangat berpengaruh pada langkah apa yang akan diambil untuk penanganan dan pengobatan penyakit gagal ginjal akut ini, seperti tentang biaya dan fasilitas lainnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral