Ketua DPR RI Puan Maharani.
Sumber :
  • Antara

Marak Penyakit Gagal Ginjal Akut Anak-anak, Ketua DPR RI Puan Maharani Minta Pemerintah Alokasikan Anggaran Khusus

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 12:47 WIB

Jakarta - Ketua DPR RI, Puan Maharani meminta pemerintah untuk mengalokasikan anggaran khusus untuk masyarakat ekonomi rendah yang anaknya menderita gagal ginjal akut.

Apalagi diketahui menangani penyakit gagal ginjal akut ini tidak bisa dilakukan di Puskesmas harus di rumah sakit lantaran membutuhkan alat-alat dokter bedah anak.

"Kasus terus bertambah dan angka kematian dalam tiga periode meningkat, jadi harus ada kebijakan khusus dari pemerintah dalam mengatasi maraknya kasus gagal ginjal akut pada anak," ujar Puan Maharani dalam keterangannya, Sabtu (22/10/2022).

Untuk mengatasi hal tersebut, Puan Maharani meminta agar pemerinta menetapkan status kasus gagal ginjak akut ini sebagai kejadian luar biasa (KLB).

Menurutnya hal itu akan memudahkan melakukan koordinasi secara luas baik ke daerah, provinsi hingga nasional.

"Akan menyempurnakan sistem penanganan kasus dan mengoptimalkan SDM kesehatan, serta penanggulangan fenomena penyakit ini,” lanjutnya.

Maraknya kasus gagal ginjal akut yang menyerang anak-anak, Ketua DPR RI Puan Maharani meminta agar segera menetapkan penyakit ini sebagai kejadian luar biasa (KLB).

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral