Airlangga Hartarto dan Presiden Jokowi di acara HUT Golkar ke-58.
Sumber :
  • Muhammad Bagas/tvOne

Golkar Tepis Isu Presiden Jokowi Setir KIB soal Capres

Senin, 24 Oktober 2022 - 11:48 WIB

Jakarta - Ketua DPP Partai Golkar Dave Akbarshah Fikarno Laksono menepis isu terkait Presiden Jokowi menyetir Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dalam menentukan capres.

Dave mengatakan KIB tidak disetir Presiden Jokowi ihwal deklarasi capres. Ia menyebut deklarasi capres adalah kewenangan parpol sehingga tak berkaitan dengan arahan Presiden Jokowi.

"Enggak dong. Meskipun ketum kami bagian dari pemerintahan, tetapi partai memiliki otonomi sendiri dan memiliki kemampuan sendiri untuk menentukan calonnya," ungkap dia saat dihubungi, Senin (24/10/2022).

Menurut Anggota Komisi I DPR ini, KIB tidak sedang menunggu arahan Jokowi ihwal capres. Melainkan, sedang dalam tahap diskusi agar tidak tergesa-gesa deklarasi capres.

"Bukan menunggu arahan, tapi akan mendiskusikan lah. Ini kan seperti yang presiden sampaikan di dalam HUT Golkar kemarin agar tidak tergesa-gesa dalam menentukan calon presiden," kata dia.

Dave menjelaskan diskusi tersebut melibatkan Presiden Jokowi. Sebab, Golkar bagian dari koalisi pemerintahan.

"Dia [Jokowi] ingatkan juga agar tidak terlalu lama. Nah, namanya Golkar saat ini adalah bagian dari pemerintah pasti akan mendiskusikan dan melibatkan presiden dalam menentukan siapa yang akan dicalonkan KIB dan kapan akan diumumkannya," pungkas dia. (saa/nsi)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral