Ilustrasi.
Sumber :
  • Viva.co.id

Pasangan yang Belum Menikah Check-in di Hotel Bisa Dipidana

Senin, 24 Oktober 2022 - 12:01 WIB

Jakarta - Pidana terhadap pasangan yang belum menikah melakukan check ini di hotel atau penginapan menjadi kontroversi di tengah masyarakat.

Kontroversi itu muncul, setelah sejumlah pasal ditemukan di Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) dalam pasal yang berhubungan dengan perzinahan. Sebut saja pasal 416 tentang hubungan suami istri yang di luar pernikahan.

“Setiap orang yang melakukan hidup bersama sebagai suami istri di luar perkawinan dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 bulan atau pidana denda paling banyak kategori II,” isi pasal yang tertulis di RKUHP.

Tak jauh berbeda dengan pasal sebelumnya, pasal 415 pun menyoroti tentang hidup bersama tanpa pernikahan.

“Setiap orang yang melakukan persetubuhan dengan orang yang bukan suami atau istrinya di pidana karena perzinaan, dengan pidana penjara paling lama 1 tahun atau pidana denda,” tulis pasal di RKUHP.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia, Hariyadi Sukamdani, sangat menyayangkan adanya pasal-pasal yang mengatur ranah pribadi. Menurutnya, bahwa tindakan yang terkait dengan perzinahan lebih mengarah pada perilaku dan moral, dan seharusnya memiliki ranah pribadi yaitu dengan tidak diatur dalam hukum pidana.

“PHRI sudah menerima masukan dan itu menjadi kontra produktif di sektor pariwisata, begitu orang satu kamar berdua tanpa ikatan perkawinan itu akan kena kriminal,” tanggapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral