Komnas HAM.
Sumber :
  • Tim tvOne/Julio Trisaputra

Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan Minta Autopsi Libatkan Tim Forensik Independen

Senin, 24 Oktober 2022 - 17:49 WIB

Jakarta - Salah satu keluarga korban tragedi Kanjuruhan yang bersedia mengautopsi jenazah dua putrinya meminta agar proses autopsi dilakukan dengan melibatkan dokter forensik independen.

Pernyataan ini diungkapkan oleh Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Choirul Anam saat jumpa pers di gedung Komnas HAM RI, Jakarta Pusat, Senin (24/10/2022).

Kata Anam, permintaan itu disampaikan salah satu keluarga korban Kanjuruhan saat Komnas HAM mendatangi mereka pekan lalu.

"Yang paling penting ketika proses autopsi sendiri itu tidak semata-mata dilakukan oleh dokter forensik dari kepolisian tapi juga dokter forensik independen yang turut serta di situ. Jadi itu komunikasi kami dengan Mas Devi Athok (orang tua dua korban tragedi Kanjuruhan)," ungkap Anam, Senin (24/10/2022).

Permintaan keluarga korban itu lantaran pengalamannya saat beberapa kali didatangi polisi beberapa waktu lalu. Saat itu, dia merasa khawatir. Sebab ia tak didampingi penasehat hukum maupun kerabat yang biasa menemaninya dalam masa berkabung.

"Tapi memang beliau berpikir untuk melakukan hal itu karena terutama ada ibunya yang sudah sepuh, dengan proses kayak begitu itu semakin banyak ketakutan," katanya.

Pihak keluarga Devi Athok, kata Anam, pada prinsipnya setuju dengan autopsi. Sebab mereka juga ingin mengetahui sebab kematian dua anggota keluarga mereka.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:47
01:22
02:38
02:46
02:43
01:38
Viral