Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto bersama dengan Djarot Saiful Hidayat, Ketua DPP PDIP Bidang Ideologi dan Kaderisasi di Sekolah Partai PDIP.
Sumber :
  • Rika Pangesti Tvonenews.com

Klaim Partai Wong Cilik, PDIP: Rakyat Biasa Bisa Jadi Anggota DPR Melalui PDIP

Minggu, 30 Oktober 2022 - 14:30 WIB

Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indoenesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menegaskan bahwa PDIP berkomitmen sebagai partai wong cilik (re: orang kecil). Hasto mengatakan, semua kalangan masyarakat dapat menjadi pejabat publik dan mengabdi kepada bangsa dan negara melalui PDIP.

Dia menjelaskan, bukti- bukti masyarakat biasa yang sukses berkarir menjadi pejabat publik untuk mengabdikan dirinya.

"Contohnya banyak. Ada Pak Irvan. Dia masuk sekarang menjadi calon anggota DPR RI. Dia masuk ke PDI Perjuangan dari sebelumnya office boy. Itu contoh," ujar Hasto saat diwawancara awak media usai membuka acara Kursus Politik Pembekalan Anggota Baru PDI Perjuangan Se-Indonesia Tahun 2022 di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan pada Minggu (30/10/2022).

Hasto menyebutkan dirinya juga merupakan contoh kalangan biasa yang sukses melalui PDIP.

"Termasuk saya tukang ketik jadi sekjen," tegasnya.

"Jadi, partai ini membuka ruang bagi wong cilik untuk bergabung. Mas Djarot (Djarot Saiful Hidayat, Ketua DPP PDIP Bidang Ideologi dan Kaderisasi- red) ini juga biasa, bukan anak bangsawan," ujar Hasto yang disambut Djarot bahwa ia adalah anak purnawirawan TNI dan guru.

"Iya saya anak purnawirawan,"ujar Djarot.

Lebih jauh, Hasto menegaskan banyak contoh di PDIP, bagaimana sosok rakyat biasa yang kemudian menjadi pejabat.

"Jadi, banyak contoh dari sekretariat kemudian jadi anggota dewan. Itu pak Irvan dahulu membersihkan ruangan Ibu Megawati ketika partama bergabung. Kemudian Ibu Vita yang sekarang DPR, itu dahulu juga di sekretariat partai. Kalau saya dulu petugas notulen rapat," jelas Hasto .

Contoh lainnya, lanjut Hasto ada penjual roti jadi Wali Kota di Magelang, ada satgas yang jadi Wali Kota di Solo.

"Jadi, PDI Perjuangan itu partai yang banyak menempatkan dari rakyat biasa nnmenjadi berhasil menduduki anggota dewan atau bupati," tegas Hasto.

Untuk diketahui, PDIP menggelar Kursus Politik Pembekalan Anggota Baru PDI Perjuangan Se-Indonesia Tahun 2022.

Kegiatan itu adalah rangkaian aksi pembekalan terhadap ha t u KLmpir 200  ribu kader baru. Akan dilakukan secara hybrid dan bertahap. Kegiatan dilaksanakan di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan pada 30 Oktober 2022.(rpi/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:13
01:51
04:09
02:08
26:44
05:12
Viral