Pemkab Halmahera Tengah, menyatakan rasa bangga atas penetapan putra daerah Salahuddin Bin Talabudin sebagai pahlawan nasional.
Sumber :
  • Antara

Profil H Salahuddin bin Talabuddin, Haji Merah yang Dapat Gelar Pahlawan Nasional

Rabu, 9 November 2022 - 14:37 WIB

Jakarta – Salah satu tokoh yang diberi gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi adalah Haji Salahuddin bin Talabuddin

Ia sudah diusulkan mendapat gelar kepahlawanan oleh Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah melalui Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) Provinsi Maluku Utara.

Akhirnya Haji Salahuddin bin Talabuddin diberi gelar Pahlawan Nasional di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Senin (7/11/2022).

Haji Salahuddin bin Talabuddin merupakan sosok yang meneriakan perjuangan kemerdekaan untuk Republik Indonesia.

Ia lahir di Desa Gemia, Kecamatan Patani, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara pada 1874. Beliau pernah bergabung dengan PSII pada 1938, kemudian juga menjadi pengurus Gabungan Politik Indonesia (GAPI) bersama MS Djahir, M Arsyad Hanafi, AS Bachmid dan lainnya. Atas perjuangannya tersebut, Salahuddin sampai pernah diasingkan ke Boven Digoel dan Nusakambangan.

Haji Salahuddin bin Talabuddin dibebaskan Jepang saat menginvasi Hindia Belanda dan sementara waktu memilih menetap di Sorong. 

Pada 1941, Haji Merah mengibarkan Bendera Merah Putih di Tanjung Ngolopopo, Patani, Halmahera Tengah, Maluku Utara. Hal itu membuat geram pihak Belanda.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:35
02:53
04:40
01:09
02:29
02:19
Viral