Pakar Sosiolog, Trubus Rahardiansyah Sebut Penyebab Tewasnya Satu Keluarga di Kalideres, Tepis Dugaan Paham Sekte.
Sumber :
  • tim tvone/tim tvone

Sosiolog Sebut Penyebab Tewasnya Satu Keluarga di Kalideres, Tepis Dugaan Paham Sekte

Rabu, 16 November 2022 - 00:23 WIB

Jakarta - Kasus tewasnya satu keluarga di Perumahan Citra Garden, Kalideres, Jakarta Barat, masih misterius. Pasalnya hingga saat ini, motif dari kasus tersebut masih terus diselidiki pihak kepolisian.

Bahkan, isu penyebab tewasnya satu keluarga di Kalideres itu karena diduga paham sekte apokaliptik pun tertepiskan. Sebab, Pakar Sosiolog, Trubus Rahardiansyah mengukapkan, bila tewasnya satu keluarga merupakan tindakan bunuh diri tidak masuk akal. 

"Karena kalau bunuh diri itu kan tindakan individual, itu persoalan ada harapan yang dinyatakan sama keinginan dan kenyataannya tidak sesuai, itu orang melakukan bunuh diri," kata Pakar Sosiolog, Trubus Rahardiansyah kepada tvone, Selasa (15/11/2022) malam.

Rumah Tempat Satu Keluarga Tewas di Perumahan Citra Garden, Kalideres, Jakarta Barat.  

Menurutnya, kalau teori bunuh diri Emile Durkheim, mejelaskan secara jelas bunuh diri dilakuka secara induvidu. Sementara, dia sebutkan, kejadian di Kalideres ini bukan sendiri melainkan kolektif, berarti dugaan bunuh diri itu terbantahkan.

"Nah, berangkat dari situ lah bahwasanya kejadian di Kalideres ini ada suatu perencanaanya atau pembunuhan yang terencana. Karena nggak ada sesuatu yang kemudian tiba-tiba empat orang mati secara bersama, itu nggak ada," ungkapnya. 

"Terkecuali ada faktor, misalnya eks faktor interpensi kayak racun atau faktor apa atau gas apa, itu bisa dinyatakan mati bersama, tetapi ini kan tidak ada, berarti di situ ada proses kemudian, ntah itu ada proses kemudian, ntah itu yang pertama, berikutnya dan terakhir kemudian bunuh diri, bisa teori itu dipakai," jelasnya.

Namun, ia juga menduga tewasnya satu keluarga ini bisa jadi penyebabnya datang dari orang luar. Kemudian, ia katakan, bila orang luar masuk, berarti ada indikasinya ada telepon gemgam. 

"Nah, telepon gengam yang untuk pesan makanan selama ini apa? kan ada telepon gemgam. Kemudian, di situ juga motornya tidak ada, kendaraan juga tidak ada, nah itu kan bisa menguatkan ada orang luar, ntah itu jaringan keluarganya juga kita nggak tau kan," pungkasnya. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral