Menteri Keuangan, Sri Mulyani..
Sumber :
  • Tim tvOne - Hamdi Fuadi

Pembenahan Hulu Migas Dorong Investasi

Kamis, 24 November 2022 - 13:52 WIB

Nusa Dua, Bali - Industri hulu migas di Indonesia memiliki banyak tantangan yang perlu dibenahi, sebagian besar produksi minyak dan gas yang berasal dari lapangan sudah relatif tua. Menteri Keuangan, Sri Mulyani menyebut, perlu adanya revitalisasi kebijakan agar dapat menciptakan iklim investasi yang baik bagi industri hulu migas sekaligus tetap memegang komitmen untuk mekanisme transisi energi menjadi ramah lingkungan. 

Komitmen ini, menjadi tantangan Indonesia untuk mengurangi emisi CO2, namun di sisi lain terus mendukung pembangunan dan pemulihan ekonomi dengan kebutuhan energi yang akan terus meningkat. Pemerintah akan terus menggunakan kebijakan fiskal agar dapat mencapai keseimbangan yang tepat antara kebutuhan akan ketahanan dan kepastian energi, sekaligus mewujudkan komitmen transisi energi yang kredibel. 

“Dunia akan melihat bahwa Indonesia sebagai pemimpin global juga akan terus konsisten dalam merancang transisi yang sangat rumit, dari bahan bakar fosil ke energi bersih ini,” ujarnya Sri Mulyani.

Pada KTT G20, Indonesia secara resmi meluncurkan Platform Negara Mekanisme Transisi Energi. Platform yang menciptakan percepatan transformasi namun tetap adil dan terjangkau, khususnya di sektor energi. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menegaskan, sejumlah proyek kerjasama telah diamail saat KTT G20 kemarin.

“Di tengah situsi geopolitik yang tidak menentu, terutama perang Rusia-Ukraina, transisi energi tidak mudah, hal ini dilihat dari fluktuasi harga energi terutama gas hingga saat ini termasuk harga bbm di Indonesia. Kondisi perekonomian dalam satu tahun kedepan masih mempunyai berbagai tantangan yang sering kita sebut sebagai pefect storm,” tambah Airlangga.

Selain itu, dalam penjalasannya secara telekonferensi di acara 'International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas 2022, Airlangga menekankan perlunya pembenahan dalam investasi di sektor hulu migas. Ia juga menyayangkan produksi minyak dan gas di Indonesia yang terus menurun. Dengan adaanya kegiatan yang digagas Satuan Kerja Khusus Pelaksanaan Kegiatan Usaha Hulu Migas dan Gas Bumi, SKK Migas ini dapat mendorong investasi di hulu migas.(hf/chm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:09
03:03
02:36
08:00
01:49
09:04
Viral