Kebut vaksinasi bagi kaum lansia, vaksinator di Kulon Progo, DIY, dikirim ke pelosok-pelosok. (Kamis,30/9/2021).
Sumber :
  • Tim tvOne - Ari Wibowo

Kebut Vaksinasi Bagi Lansia, Vaksinator di Kulon Progo Dikirim ke Pelosok-Pelosok

Kamis, 30 September 2021 - 16:05 WIB

Kulon Progo, DIY - Percepatan vaksinasi bagi  lansia di Kulon Progo terus dikebut. Para vaksinator atau petugas penyuntik vaksin pun ditugaskan  agar bisa melakukan jemput bola, atas pertimbangan kalangan lansia sering menghadapi kendala untuk datang langsung ke titik vaksinasi.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo Fajar Gegana mengatakan, dengan upaya jemput bola tersebut diharapkan masyarakat renta bisa tetap mendapat vaksin Covid-19. Sehingga kemudian semua lapisan bisa terlindungi dari paparan virus dan prosentase vaksin pun tercapai.

"Saat ini kami lebih menyasar ke pelosok-pelosok, sebab jika vaksinasi masal kami terkendala lansia karena mungkin tidak ada yang mengantar. Padahal lansia juga masuk dalam target nasional," terang Fajar saat ditemui, Kamis (30/9).

Ia menyatakan bahwa pihaknya telah meminta agar petugas vaksinator untuk melakukan upaya vaksinasi hingga ke pelosok.Sebab, para lansia diketahui memiliki kendala tidak bisa mendatangi lokasi vaksin karena keterbatasan fisik dan sarana.

Fajar yang juga merupak Wakil Bupati Kulon Progo itu menambahkan, upaya percepatan vaksinasi bagi lansia tersebut mulai dikejar pihaknya pada awal Oktober mendatang. Gugus tugas akan menyiapkan petugas vaksinator pada tingkat kalurahan hingga berkordinasi dengan TNI/Polri untuk vaksinasi keliling.

Terkait dengan capaian vaksinasi sendiri, Fajar menyatakan bahwa untuk wilayah Kulonprogo telah melampaui target vaksinasi nasional dengan capaian 74 persen. Sebagaimana diketahui, pemerintah pusat menargetkan capaian vaksin pada bulan September ini sebesar 70 persen.

"SDM kesehatannya kita push di kalurahan untuk mengejar vaksinasi lansia," ucapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral