Ketua DPR RI Puan Maharani, Senin (28/11/2022)..
Sumber :
  • Tangkapan Layar/tvOne

Laksamana TNI Yudo Margono Diajukan Jadi Panglima TNI

Senin, 28 November 2022 - 16:39 WIB

Jakarta - Ketua DPR Puan Maharani mengatakan telah menerima surat presiden mengenai pergantian Panglima TNI. Presiden Joko Widodo mengajukan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono sebagai calon panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa.

"Nama yang diusulkan oleh presiden untuk menggantikan panglima TNI Andika Perkasa adalah, siapa ya... ini sesuai yang ada di dalam surat ya, adalah Laksamana TNI Yudo Margono, KASAL yang sekarang," kata Puan sebagaimana ditayangkan di youtube tv parlemen, di DPR, Senin (28/11/2022).

Puan mengatakan, pihaknya masih memiliki waktu untuk melakukan sejumlah mekanisme yang harus ditempuh sesuai undang-undang dalam pergantian panglima TNI.

"Kami akan menindaklanjuti melalui mekanisme yang ada di DPR," kata Puan.

Nantinya, Komisi I DPR RI akan menjalankan mekanisme uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon panglima TNI sebelum akhirnya diputuskan dalam sidang paripurna DPR. 

"DPR masih mempunyai waktu yang cukup untuk melaksanakan semua mekanisme pergantian dan pengangkatan sesuai UU yang ada, dan mekanisme yang ada," lanjut Puan.

Pada kesempatan itu, Puan juga menegaskan bahwa pihaknay baru menerima surat tersebut hari ini. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral