Ketua DPR RI Puan Maharani.
Sumber :
  • DPR

KSAL Yudo Margono Calon Tunggal Panglima TNI, DPR Segera Gelar Fit and Proper Test

Senin, 28 November 2022 - 17:41 WIB

Jakarta - Ketua DPR Puan Maharani mengumumkan KSAL Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI yang baru. KSAL Yudo Margono akan menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang akan memasuki masa pensiun.

Pengumuman disampaikan langsung Ketua DPR RI Puan Maharani serta Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

"Dalam surpres yang kami terima disebutkan nama yang akan diajukan ke DPR untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa," kata Puan.

Puan menjelaskan pihaknya akan menindaklanjuti isi Surpres tersebut sesuai mekanisme yang berlaku. Yakni, Yudo Margono akan mengikuti fit and proper test yang dilakukan oleh Komisi I DPR.

"Dengan surat resmi presiden yang telah kami terima, artinya bapak Laksamana Yudo Margono KSAL bisa segera mengikuti proses dan mekanisme yang ada di DPR untuk nanti melaksanakan fit and proper yang ada di DPR," jelas politikus PDIP itu.

"Kami akan menindaklanjuti untuk menugaskan Komisi I untuk melaksanakan mekanisme terkait dengan pergantian atau pengangkatan Panglima TNI yang baru," lanjut Puan. 

Dia menjelaskan DPR masih memiliki waktu yang cukup untuk melakukan fit and proper test sebelum memasuki masa reses.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral