Pelaksana Tugas Kepala Subkomite Moda Investigasi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) KNKT Ahmad Wildan.
Sumber :
  • Antara

Kronologi dan Hasil Investigasi Kecelakaan Bus Wisata di Tebing Bego Bantul

Rabu, 30 November 2022 - 14:13 WIB

Jakarta - Senior Investigator KNKT, Ahmad Wildan menyampaikan hasil investigasi terkait dengan kecelakaan bus wisata dengan plat AD 1507 yang terjadi di Tebing Bego, Bantul, Yogyakarta.

Gelaran hasil investigasi tersebut diwujudkan dalam Forum Kehumasan dan Media Rilis, Rabu (30/11/2022). 

Salah satu yang menjadi agenda adalah keterangan hasil investigasi atas kecelakaan bus wisata di Tebing Bego, Bantul, Yogyakarta pada 6 Februari 2022 lalu. 

Berdasarkan hasil investigasi kecelakaan bus wisata tersebut adalah penggunaan gigi tinggi yang menjadi penyebab sebenarnya dari peristiwa kecelakaan tersebut. Akibatnya, ada pengereman berulang-ulang dan penurunan tekanan angin pada bagian tabung angin rem.

Menurut keterangan, bus yang berkapasitas 45 penumpang ditambah 2 awak bus ini berangkat dari Bekonang Sukoharjo untuk wisata ke beberapa tempat, yaitu Tebing Breksi, Puncak Pinus Becici, dan Pantai Parangtritis.

Menurut kabar, kunjungan pertama adalah ke Tebing Breksi. Setelahnya, bus melanjutkan perjalanan ke Puncak Pinus Becici. Perjalanan ini melewati Heha Sky View Jl. Dlingo-Patuk Gunung Kidul.

Tepat pada pukul 14.00 WIB, bus kemudian melanjutkan perjalanannya ke Pantai Parangtritis. Saat mengunjungi tempat ini, bus harus berhadapan dengan kondisi jalan yang penuh turunan dan tikungan. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral