ilustrasi infografis pergerakan tanah.
Sumber :
  • BPBD DKI Jakarta 

Waspada Pergeseran Tanah di Jaktim dan Jaksel, Fraksi PSI Minta Pemprov DKI Jakarta Tanggapi dengan Serius

Jumat, 9 Desember 2022 - 13:45 WIB

Jakarta - Wakil Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta August Hamonangan tegaskan isu yang beredar tentang potensi pergerakan tanah di 10 kecamatan di DKI Jakarta perlu ditanggapi dengan serius.

Hal ini disinyalir Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyatakan dengan serius, bahwa 10 kecamatan yang ada di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur adalah kawasan padat penduduk.

"10 kecamatan itu kawasan padat penduduk. Ini harus jadi perhatian sejak dini. BPBD DKI Jakarta harusnya bukan cuma merilis prediksi tapi juga langsung merumuskan mitigasi jangka pendek dan panjangnya," kata August saat dihubungi media, Jumat (9/12/2022).

Lebih lanjut, dia menambahkan Pemprov DKI Jakarta, terkhusus BPBD dan instansi terkait harus melibatkan warga dalam program pengawasan dan mitigasi.

"Sosialisasi yang masih soal adanya pergerakan tanah, agar warga lebih waspada. Menyiapkan logistik dan alat evaluasi jika benar terjadi fenomena pergeseran tersebut di titik rawan yang sudah diprediksi," tuturnya.

Selain itu, August juga meminta BPBD juga harus memberikan edukasi kepada warga terkait antisipasi menghadapi bencana pergerakan tanah.

"BPBD juga harus mengedukasi warga untuk antisipasi bencana dengan melibatkan lembaga kemasyarakatan seperti karang taruna, Pramuka yang lebih muda, energik dan punya semangat bergerak ke lapangan," pungkasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral