Kodim 0613 Ciamis merekrut Saka Pramuka Kwaran Kecamatan Langensari, Jawa Barat, Minggu (3/10/2021).
Sumber :
  • tim tvOne - Aditya Tri Wahyudi

Tangkal Radikalisme, TNI AD Rekrut Anggota Pramuka di Kota Banjar

Minggu, 3 Oktober 2021 - 09:49 WIB

Banjar, Jawa Barat- Antisipasi radikalisme yang tumbuh di masyarakat, Kodim 0613 Ciamis merekrut puluhan anggota Saka (Satuan Karya) Pramuka Kwaran (Kwartir Ranting) Kecamatan Langensari, Jawa Barat, Minggu. Rekrutmen dan pengukuhan Saka Wira Kartika dilakukan oleh Danramil (Komandan Koramil) Langensari 1325, Mayor Inf Agung Subekti di halaman kantor Kormail Langensari.

“Salah satu tugas kami sebagai TNI adalah membina adik-adik Pramuka Saka Wira Kartika untuk menjadi anak yang peduli terhadap lingkungan termasuk deteksi dini bahaya radikalisme di lingkungan tempat tinggal mereka,” ucap Danramil Langensari, Mayor Inf Agung Sukbekti kepada tvonenews.com.

Saka Wira Kartika ini terdiri dari komponen Penegak dan Pandega yakni siswa SMA dan mahasiswa di Kota Banjar yang dilatih berbagai keterampilan termasuk pemahaman bahaya radikalisme. Pelatihan digelar di hari libur sekolah yaitu hari Sabtu dan Minggu yang melibatkan personil TNI AD Koramil 1325 Langensari.

Selain diberi pemahamam bahaya radikalisme, berbagai latihan dijalani Saka Wira Kartika ini diantaranya penanggulangan bencana, navigasi darat, dan teknik survival. Siswa dilatih untuk menguasai pengetahuan peta dan medan, kompas siang dan malam serta manajemen penanggulangan bencana hingga pengethauan komunikasi radio dan memasak.

“Kami sebagai pembimbing berharap mereka kelak menjadi pemimpin yang cinta tanah air, respek, rendah hati dan memiliki keterampilan yang berguna untuk masyarakat, kami tidak boleh kendor membimbing meeka karena Saka Wira Kartika merupakan salah satu generasi bangsa ini,” harap Danramil.

Saka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional. Saka dibentuk lewat kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat. 

Selain Saka Wira Kartika, terdapat Saka lainnya yang bersifat nasional yakni Saka Bhayangkara, Saka Bahari, Saka Bakti Husada, Saka Dirgantara, Saka Kencana, Saka Taruna Bumi, Saka Wanabakti, Saka Pariwisata, Saka Kalpataru, dan Saka Widya Budaya Bakti. (Aditya Tri Wahyudi/ito)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:05
07:53
01:23
05:26
13:30
02:11
Viral