Gambo, Batik Dari Limbah Getah Gambir Asal Muba, Mendunia!.
Sumber :
  • Tim TvOne/Puja

Gambo, Batik Dari Limbah Getah Gambir Asal Muba, Mendunia!

Senin, 4 Oktober 2021 - 11:28 WIB

Musi Banyuasin, Sumsel- Bicara soal batik, sejak tahun 2017 Ketua TP PKK Muba Thia Yufada Dodi Reza menjadi inisiator pembuatan Gambo Muba yang merupakan batik khas Bumi Serasan Sekate, yang bahan dasar pembuatannya berasal dari limbah getah gambir. 

 

“Kami ucapkan Selamat Hari Batik Nasional, Batik kebangaan Indonesia dan dicintai dunia. Nah, kalau di Muba kita punya Gambo Muba kain jumputan karya warga lokal yang juga dicintai dunia," ungkap Thia Yufada Wanita Inspirasi Sumsel ini.

 

Ketua Dekranasda Kabupaten Muba ini menyebutkan, Gambo saat ini juga telah menjadi identitas Kabupaten Muba. "Kerajinan tangan jumputan warga Muba ini akan terus dilestarikan dan menjadi kebangaan tersendiri masyarakat Muba," terangnya.

 

Lanjutnya, Gambo Muba adalah kain khas metode jumputan, diwarnai dengan dicelup getah gambir yang awalnya dianggap limbah dan dibuang percuma. Kini pasangan suami istri Dodi-Thia mampu mendorong perajin gambir dengan merubah limbah menjadi pewarna utama kain. Sebagai produk Eco fashion, Gambo Muba memakai 100 persen pewarna alami anti kimia.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral