Menteri Kominfo, Johnny G Plate bersama jajaran pejabat utama Polri di Gedung Kominfo.
Sumber :
  • Tim tvOne/Rizki Amana

Jelang Pemilu 2024, Kominfo Gandeng Polri Jaga Ruang Digital

Rabu, 4 Januari 2023 - 18:07 WIB

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) bersama Polri resmi menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang sinergi tugas dan fungsi di bidang komunikasi dan informatika menyongsong perhelatan Pemilu 2024.

Menteri Kominfo, Johnny G Plate mengatakan dalam nota kesepahaman tersebut pihaknya bersama Polri melakukan pencegahan penyebarluasan informasi elektronik yang memiliki muatan dilarang. 

"Melakukan upaya pencegahan penyebarluasan dan pencegahan informasi elektronik dan atau dokumen eletronik yang memiliki muatan yang dilarang sebagaimana dimaksud dan sesuai UU," kata Johnny di Gedung Kominfo, Jakarta, Rabu (4/1/2023).

Johnny menuturkan nantinya pihak Kemenkominfo dan Polri Bakal melakukan penulusuran terkait adanya penyebaran informasi pada ruang digital yang mengandung konten yang dilarang oleh Undang-Undang (UU). 

Menurutnya penelusuran bakal dilakukan kedua belah pihak dengan mengidentifikasi penyebar informasi yang mengundang konten terlarang tersebut. 

"Kerjasama Kominfo dan Bareskrim sebelum melakukan penegakan hukum melakukan profiling dan profilingnya pasti akurat. Yang berkaitan dengan pencegahan, perluasan atau penyebarluasan dan penyebaran informasi elektronik dan atau dokumen elektronik yang memiliki muatan dilarang," katanya. 

Adapun, kata Johnny Langkah tersebut dilakukan turut serta menggaet sejumlah lembaga dan instansi dalam melancarkan perhelatan Pemilu 2024.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral