Menyebrangi lautan demi ikut ANBK.
Sumber :
  • Tovik Koban

Semangat, dik... Siswa Pulau Sukun, NTT Bertaruh Nyawa demi ANBK

Rabu, 6 Oktober 2021 - 18:28 WIB

Sikka, Nusa Tenggara Timur - Demi Mengikuti Ujian Assesmen Nasional Berbasis Komputer di SMKN 1 Maumere, Sebanyak 23 Siswa SMPN Satap Pulau Sukun, desa Samparong, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, NTT, nekat bertaruh nyawa menyeberangi lautan selama 5 jam perjalanan dengan cuaca yang tidak bersahabat. 

 

"Ya beginilah perjuangan anak-anak siswa kami yang tinggal di pulau terluar Kabupaten Sikka yang terpaksa bertaruh nyawa agar bisa mengikuti ujian secara online yang merupakan program pemerintah pusat. Kondisi ini lantaran fasilitas jaringan internet dan jaringan listrik, hingga kini belum ada," ungkap Jahading, Kepala Sekolah SMPN Satap Pulau Sukun, saat ditemui tvonenews.com disela-sela kegiatan ujian ANBK yang diselenggarakan di ruang Komputer SMK Negeri 1 Maumere, Rabu ( 06/10 ) siang. 

 

Dijelaskan Jahading, hingga kini jaringan internet di pulau Sukun belum tersentuh akses informasi berbasis digital, apalagi harus mengikuti ujian berbasis komputer. Ditambah lagi jaringan listrik belum tersedia di pulau Sukun sejak Indonesia merdeka hingga kini.

 

"Jangankan untuk ujian online, mengakses informasi untuk kepentingan pendidikan pun sangat sulit. Jika ada hal penting terkait pendidikan, kami guru terpaksa berjalan kaki menuju perbukitan lalu mencari sinyal selama berjam-jam agar bisa berkomunikasi. Jika tidak, maka harus berangkat ke Maumere menggunakan kapal motor milik nelayan setempat, lantaran minimnya transportasi laut ke pulau sukun," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral