Ilustrasi Cuaca.
Sumber :
  • Istimewa

Warga Bogor Dianjurkan Waspada, BMKG Prediksi Potensi Puncak Cuaca Ekstrem

Kamis, 5 Januari 2023 - 03:04 WIB

Bogor, tvOnenews.com - Tidak hanya pada warga bogor saja, Pemerintahan Daerah Kota Bogor juga harus waspada dan mengantisipasi prediksi siklus puncak cuaca ekstrem yang terjadi pada Februari 2023.

Hal ini diingatkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Bahkan, Kepala Seksi Pusat Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Hadi Saputra menyampaikan, bahwa cuaca ekstrem di wilayah Bogor masih akan terjadi hingga Maret 2023, namun puncaknya diprediksi pada Februari mendatang.

"Untuk wilayah Bogor puncak cuaca ekstrim ada pada bulan-bulan Oktober-November, nanti kembali lagi di sekitar bulan Februari. Siklusnya seperti itu setiap tahunnya," kata Kepala Seksi Pusat Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG, Hadi Saputra seperti yang dikutip dari ANTARA, Kamis (5/1/2023).

Selain itu, dia sampaikan juga, bahwa puncak cuaca ekstrem yang pernah terjadi pada pertengahan Oktober 2022 di Bogor mengakibatkan beberapa titik-titik bencana berdampak cukup berat dalam waktu berurutan selama sepekan.

Pada 11 Oktober 2022, bencana akibat angin kencang saat hujan deras mengakibatkan terperosoknya mahasiswi IPB Adzra Nabila (20) ke sebuah saluran air di belokan Jalan Dadali hingga hanyut sepanjang puluhan kilometer. 

Korban ditemukan tewas di aliran Sungai Ciliwung di wilayah Jakarta Barat pada lima hari kemudian.

Selanjutnya, dia menjelaskan, menyusul peristiwa longsor yang mengakibatkan delapan orang korban di Gang Barjo RT02/RW03 Kampung Kebon Jahe, Kelurahan Kebonkelapa, Kecamatan Bogor Tengah, pada 12 Oktober 2022, empat orang di antaranya meninggal dunia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:04
01:52
00:44
03:48
01:02
01:32
Viral