CEO Global Environment Facility Carlos Manuel Rodriguez dengan Seekor Anak Gajah di Tangkahan, Sumut.
Sumber :
  • KLHK

Konservasi Berbasis Masyarakat di Tangkahan Diakui Internasional

Sabtu, 14 Januari 2023 - 22:36 WIB

Jakarta - Global Environment Facility (GEF) mengapresiasi konservasi berbasis masyarakat di Tangkahan, Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Sumatera Utara. 

"Saya menyampaikan apresiasi kepada masyarakat di Tangkahan atas upayanya dalam menjaga Taman Nasional," ujar CEO GEF, Carlos Manuel Rodriguez, saat mengunjungi Tangkahan, di Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, dikutip pada Sabtu (14/1/2023). 

Seperti diketahui, Tangkahan merupakan ekowisata yang ada di dalam TNGL. Selain dikenal dengan konservasi gajah, Tangkahan juga lekat akan konservasi berbasis masyarakat. 

Saat pertemuan dan diskusi dengan komunitas lokal Lembaga Pariwisata Tangkahan (LPT), pemerintah Desa Namo Sialang dan Sei Serdang, Balai Besar KSDA Sumatera Utara, serta para mitra Balai Besar TNGL, yaitu CRU Tangkahan, Ganesha dan Conserve Project, Carlos mengucapkan terima kasihnya kepada pemerintah atas upaya konservasi yang dilakukan. 

"Saya juga berterima kasih kepada Pemerintah Indonesia karena sudah melakukan upaya yang sangat besar, khususnya melibatkan masyarakat dalam pengelolaan kawasan konservasi," kata Carlos. 

GEF sendiri merupakan mekanisme pendanaan yang dibentuk sejak tahun 1991 untuk menggalang kerjasama internasional dalam mengatasi ancaman lingkungan global.  

Saat ini, GEF telah mendukung upaya konservasi di 150 negara, dan Indonesia merupakan negara yang mendapat alokasi terbesar setelah China dan Brazil. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral