Gubernur Papua Lukas Enembe.
Sumber :
  • Tim tvOne

KPK Menduga Gubernur Nonaktif Papua Lukas Enembe Gunakan Uang Suap Untuk Membeli Mobil Mewah

Selasa, 17 Januari 2023 - 03:04 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami pembelian mobil mewah yang dilakukan Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe. Pembelian mobil mewah tersebut diduga menggunakan uang hasil tindak pidana korupsi suap atau gratifikasi.

Pendalaman dilakukan tim penyidik lembaga antirasuah saat memeriksa saksi Suci Marlina selaku pihak swasta. Suci Marlina diperiksa tim penyidik KPK di Gedung Merah Putih KPK pada Senin (16/1/2023).

"Suci Marlina (pihak swasta), saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan aliran uang dari tersangka Gubernur Nonaktif Papua Lukas Enembe untuk membeli mobil mewah," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya.

KPK menjerat Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi proyek infrastruktur di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua. Lukas Enembe diduga menerima suap atau gratifikasi sebesar Rp10 miliar. Terkait dugaan ini, KPK juga telah memblokir rekening dengan nilai sekitar Rp76,2 miliar.

Kasus ini bermula saat Direktur PT Tabi Bangun Papua Rijatono Lakka mendapatkan proyek infrastruktur seusai melobi Lukas Enembe dan beberapa pejabat Pemprov Papua. Padahal perusahaan Rijatono bergerak di bidang farmasi.

Kesepakatan yang disanggupi Rijatono dan diterima Lukas Enembe serta beberapa pejabat di Pemprov Papua di antaranya yaitu adanya pembagian persentase fee proyek hingga mencapai 14% dari nilai kontrak setelah dikurangi nilai PPh dan PPN.

Setidaknya, ada tiga proyek yang didapatkan Rijatono. Pertama, peningkatan Jalan Entrop-Hamadi dengan nilai proyek Rp14,8 miliar. Lalu, rehabilitasi sarana dan prasarana penunjang PAUD Integrasi dengan nilai proyek Rp13,3 miliar. Terakhir, proyek penataan lingkungan venue menembang outdoor AURI dengan nilai proyek Rp12,9 miliar. Dari tiga proyek itu, Lukas diduga sudah menerima Rp1 miliar dari Rijatono.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral