Ganjar dan Taj Yasin di sela rapat penanggulangan kemiskinan ekstrem di kantornya, Semarang, Jateng,Jumat (8/10/2021)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko

Angka Kemiskinan Ekstrem di Jateng 1,5 Juta, Ganjar Bentuk Satgas

Jumat, 8 Oktober 2021 - 15:19 WIB

 

Semarang, Jawa Tengah - Wakil Presiden Ma'ruf Amin, pada Kamis (7/10) kemarin meminta pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyelesaikan masalah kemiskinan ekstrem di lima daerah, yaitu Brebes, Banyumas, Pemalang, Banjarnegara dan Kebumen.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo  membentuk satgas khusus percepatan penanggulangan kemiskinan ekstrem. Ia menunjuk Sekda Jateng, Sumarno menjadi ketuanya.

"Kita perlu tim khusus atau satgas untuk bisa melakukan percepatan. Saya khawatir ada beberapa Kabupaten yang tidak siap, maka kita harus bantu mereka," kata Ganjar usai rapat penanggulangan kemiskinan ekstrem di kantornya, Jumat (8/10/21).

Ia menambahkan, tugas satgas yang paling penting adalah verifikasi dan validasi data. Sebab dari data yang sudah ada, tercatat 27 ribu lebih masyarakat miskin ekstrem yang ada di 5 daerah itu. Setelah verifikasi dan validasi, dilanjutkan langkah intervensi.

"Verval ini kuncinya. Sebab kita punya contohnya, ada orang di Banyumas, dia masuk desil satu. Tapi semuanya ada, air minum ledeng, sumur terlindungi, listrik sudah PLN, fasilitas BAB sudah punya, tinja sudah ada tangki, RTLH tidak prioritas. Tapi kenapa masih masuk data? Nah yang begini-begini ini harus diselesaikan," tegasnya.

Ganjar menyebut angka kemiskinan ekstrem di Jateng masih ada sekitar 1,5 juta orang. Namun itu berasal dari berbagai daerah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
01:54
01:26
01:52
03:14
02:13
Viral