Banjir di Kota Semarang.
Sumber :
  • Tim tvOnenews/Teguh Joko Sutrisno

Salatiga Diprediksi Hujan Lebat, Waspada Banjir Kiriman ke Kota Semarang

Kamis, 2 Februari 2023 - 08:32 WIB

Jawa Tengah, tvOnenews.com - BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang merilis prospek cuaca di Jawa Tengah pada 2 Februari 2023 atau Kamis hari ini. Diprakirakan terdapat potensi cuaca di sejumlah daerah di Jawa Tengah, berupa hujan lebat dan dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang hingga sore hari.

Antara lain di Ungaran, Salatiga, dan Ambarawa. Di Ungaran, peluang hujan lebat bisa terjadi di Kecamatan Ungaran Barat dan Ungaran Timur. Dari dua daerah ini terdapat aliran sungai yang mengarah ke Kota Semarang dan menyebabkan banjir kiriman ke ibu kota Jawa Tengah tersebut. Yaitu Sungai Babon dan Sungai Kaligarang.

Berkaca dari pengalaman sebelumnya, Sungai Babon di Ungaran Timur dan Sungai Kaligarang di Ungaran Barat menjadi menjadi jalur banjir kiriman ke Semarang. 

Awal Januari tahun ini, banjir kiriman dari Ungaran membuat Sungai Babon meluap dan menjebol tanggul yang membatasi sungai dengan kompleks pemukiman warga di Perum Dinar Indah Meteseh Tembalang, Kota Semarang. Akibatnya banjir bandang menerjang pemukiman hingga mencapai atap rumah.

Kejadian serupa nyaris terjadi pada Selasa (31/1/2023) kemarin. Banjir kiriman dari Ungaran nyaris kembali menjebol tanggul di tempat tersebut yang merupakan tanggul darurat. Untungnya, air sungai cepat menyurut.

Untuk itu warga Semarang sekitarnya yang berada di daerah aliran sungai diminta waspada.

Selain Ungaran, Salatiga, dan Ambarawa, daerah lain yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang adalah yang berada di wilayah pegunungan. Antara lain Wonosobo, Banjarnegara, Temanggung, Boyolali, Magelang, Bumiayu, dan Karanganyar.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral