Menko PMK RI Muhadjir Effendy.
Sumber :
  • Istimewa

Muhadjir Effendy: Jangan Didikte Teknologi, Kita Kreatornya!

Minggu, 5 Februari 2023 - 11:10 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Muhadjir Effendy mengungkapkan bahwa kehadiran teknologi digital di era revolusi industri 4.0 harus dimanfaatkan untuk mewujudkan ekonomi kreatif di Indonesia.

Namun, menurut Muhadjir, bersamaan dengan itu teknologi juga berpotensi mengambil alih pekerjaan manusia sehingga dapat menimbulkan masalah baru yang butuh perhatian bersama.

"Maka dari itu pentingnya penggunaan teknologi secara bijak dan sebagai pendukung kinerja. Kita jangan sampai didikte oleh teknologi karena kita kreatornya,” kata Muhadjir dalam keterangannya dikutip pada Minggu (5/2/2023).

Dia menjelaskan penggunaan teknologi secara bijak menjadikan ekonomi kreatif sebagai tulang punggung ekonomi di masa yang akan datang. Hal ini apabila disertakan dengan mengembangkan kearifan lokal di Indonesia.

"Menghadapi era revolusi industri 4.0, sumber daya manusia Indonesia dituntut untuk berpikir kreatif, produktif, inovatif dan berdaya saing," terang dia.

"Kehadiran revolusi industri 4.0 semakin menegaskan fenomena abad kreatif yang menempatkan informasi, pengetahuan, kreativitas, inovasi, teknologi digital dan jejaring sebagai sumber daya strategis bagi individu, masyarakat, korporasi maupun negara," tambahnya.

Menurut dia, saat ini masyarakat selalu dituntut untuk berpikir kreatif sebagai upaya untuk memecahkan masalah baru dalam kehidupan sehari-hari.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:13
02:42
07:20
11:14
04:24
04:36
Viral