ILUSTRASI - Obat sirop.
Sumber :
  • Sutterstock

Terjadi Lagi! Gagal Ginjal Akut Renggut Nyawa Anak, Kemenkes Keluarkan Surat Kewaspadaan hingga Peredaran Obat Sirop Praxion Disetop

Selasa, 7 Februari 2023 - 05:50 WIB

Jakarta, tvOnenews.com – Buntut kasus gagal ginjal akut yang merenggut nyawa seorang anak di Jakarta, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan surat kewaspadaan dan peredaran obat sirop Praxion disetop BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Juru bicara Kemenkes Mohammad Syahril mengatakan pihaknya akan mengeluarkan surat kewaspadaan terhadap Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

"Pemerintah melakukan tindakan antisipatif dalam menentukan penyebab dua kasus GGAPA (gangguan ginjal akut progresif atipikal) baru yang dilaporkan," kata Syahril, Senin (6/2/2023).

Dia menjelaskan Kemenkes juga bekerja sama dengan berbagai pihak mulai dari IDAI, BPOM, ahli epidemiologi, Labkesda DKI, farmakolog, para guru besar dan Puslabfor Polri.

Hal ini guna melakukan penelusuran epidemiologi untuk memastikan penyebab pasti dan faktor risiko yang menyebabkan gangguan ginjal akut.

“Saat ini sedang dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sampel obat dan darah pasien,” ucap dia.

Dia memaparkan langkah selanjutnya yang dilakukan oleh Kemenkes adalah akan kembali mengeluarkan surat kewaspadaan kepada seluruh Dinas Kesehatan, Fasilitas Pelayanan Kesehatan dan Organisasi Profesi Kesehatan terkait.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral