Moh Ramli, Wartawan dan Mahasiswa Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.
Sumber :
  • Moh Ramli

Aku Hanya Ingin Mati di Indonesia

Selasa, 25 Juli 2023 - 07:13 WIB

tvOnenews.com - Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengungkapan, selama rentang waktu tahun 2019-2022, sebanyak 3.921 Warga Negara Indonesia (WNI) memilih mengganti kewarganegaraan Singapura

WNI yang mengganti kewarganegaraannya itu ada dalam kelompok usia 25-35 tahun. Kemungkinan besarnya, di luar rentang tahun 2019-2022 tersebut, jumlah WNI yang pindah ke Singapura atau ke negara lain, jumlahnya lebih dari data yang sudah dipaparkan oleh Kemenkumham tersebut. 

Beberapa pakar menyebut alasan soal penyebab kepindahan mereka. Antara lain yakni lantaran adanya faktor penarik dan pendorong. Faktor penarik karena negara berjuluk Kota Singa itu adalah negara yang jauh lebih maju, tertata, terkenal memiliki disiplin yang tinggi, dan penghasilan yang mereka dapatkan jauh lebih tinggi. Sementara untuk faktor pendorongnya yaitu karena adanya kesempatan berkarier, serta dinilai bisa menjalani kehidupan yang lebih baik.

Dengan segala alasan itu, atau bahkan alasan-alasan lainnya, jika ada yang bertanya? Bagaimana dengan saya? Saya jawab: tidak. Seberapapun menggiurkannya hidup di tanah orang, seberapapun hati patah nan kecewa berkali-kali karena para politikusnya yang tak kunjung dewasa, sekalipun korupsi terus menggila, saya tidak akan memilih jalan hidup seperti mereka yang pindah ke Singapura.

Jika boleh berdoa dengan nada paksa kepada Tuhan, saya ingin mengatakan pada-Nya: saya lahir di Indonesia, pun matikan saya dengan pelukan tanah Indonesia jua.

Dengan fenomena yang mengernyitkan dahi itu, saya lebih sepakat pada penyataan Bahlil Lahadalia. Menteri Investasi/Kepala BKPM itu justru mempertanyakan soal nasionalisme mereka kepada Indonesia. Menurutnya, Indonesia adalah negeri bersejarah panjang. Kemerdekaan Indonesia pun direbut melalui perjuangan yang tak mudah.

"Tapi kalau temen-temen muda menurut saya kalau merasa nyaman di negara orang kemudian pindah saya mempertanyakan mohon maaf, rasa kebangsaan dan nasionalisme dalam memiliki bangsa ini," kata dia dalam konferensi pers Jumat, 21 Juli 2023. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral