Kolase Foto - Wapemred tvonenews.com Ecep S Yasa, background sidang paripurna DPR.
Sumber :
  • tim tvonenews

Politik

Senin, 28 Agustus 2023 - 18:00 WIB

Satir politik itu kita pelajari dari  Aldi Taher. Dalam sebuah dialog di sebuah program berita, pesohor itu ditanya presenter tvOne tentang apa yang akan dilakukan di gedung parlemen kelak jika terpilih.

Jawabannya di luar dugaan. Tiba tiba ia mengajak membaca Alquran surah Al-Fatihah sambil memuji Dewi Persik, mantan istrinya. "Pokoknya, I love you, TVOne, I love you Dewi Perssik," ujar Aldi.

Wajahnya serius saat menjawab. Cara bicaranya ceplas ceplos. Ia tak terlihat berupaya untuk berpikir saat memberikan jawaban, atau berargumen lebih bernas, misalnya, agar publik yang mungkin sedang menonton terpikat. Bukankah dengan jawaban yang tampak dipikirkan matang ada peluang lebih besar ia akan dipilih dalam pemilihan legislatif pada Februari 2024?  

(Rekaman layar tvone, Wawancara Aldi Taher di program Kabar Petang)

Ia mendaftar sebagai caleg pada dua parpol yang berbeda: Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Kedua partai ini punya latar belakang yang sangat berbeda dan sulit disatukan sebenarnya, PBB disebut sebagai partai pewaris Masyumi dan tentu berasaskan Islam, sementara Perindo berasaskan nasionalis sekular.  

Namun, Ia tak merasa ada benturan ideologi dengan latar belakang partai partai tersebut. Toh sebelumnya ia juga pernah terdaftar sebagai kader Partai Keadilan Sejahtera dan mengaku pernah dekat dengan Partai Golkar

Selama wawancaranya, alih-alih memberikan jawaban substansial atas pertanyaan yang diajukan oleh pembawa acara, Aldi terus menerus membuat pernyataan-pernyataan yang tidak masuk akal dan melakukan aksi yang tidak relevan dengan konteks wawancaranya. Semua dijawab secara ringan seperti sekantong brondong yang kita kunyah saat menonton film hiburan di bioskop.

Seperti menemukan cermin tentang betapa tidak menariknya politik saat ini, publik yang jengak lantas menyambut kehadiran Aldi dalam dunia politik. Cuplikan wawancara Aldi beredar dari satu telepon genggam ke telepon genggam lainnya. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:20
02:53
02:49
02:12
02:08
01:01
Viral