Timnas menjamin hasil rating tinggi bagi siaran televisi nasional..
Sumber :
  • pssi

Ulasan Sepakbola: “Televisi dan Sepakbola, Begini Dalilnya…”

Sabtu, 9 Juli 2022 - 17:08 WIB

Oleh: Reva Deddy Utama*

Bagi televisi (TV), pertandingan sepakbola itu program primadona. Sepakbola menjamin TV mendapat rating - jumlah penonton - tinggi. Pada 2022 hingga hari ini, dari 10 besar program TV peraih rating tertinggi, sembilan menayangkan program sepakbola nasional. Satu-satunya program yang bisa menandingi hanya sinetron “Ikatan Cinta” yang menempati urutan enam.

Itu hasil survei AC Nielsen, lembaga resmi industri TV nasional. Bila dirangking, rating sepakbola paling tinggi adalah partai tim nasional Indonesia, khususnya bila melawan Malaysia, Vietnam, dan Thailand. Menyusul Liga Indonesia (Ligina), kemudian Piala Dunia, baru Liga Inggris. 

Anda, para pembaca, atau penonton televisi, mungkin kurang percaya, bahwa rating sepakbola nasional mengalahkan rating Piala Dunia dan Liga Inggris. Begini dalilnya. Penonton Piala Dunia dan Liga Inggris adalah para lelaki yang hobi atau penggila sepakbola alias bolamania.

Penonton Timnas lebih luas. Bila Indonesia vs Malaysia atau vs Vietnam, begitu pula Persib vs Persija, atau kedua tim itu vs Persebaya, maka yang nonton ialah keluarga: bapak, emak dan anak putra-putri, bahkan kakek-nenek pun ikut nonton. Itu bukan pendapat saya, tapi data survei AC Nielsen.

 

Harga Mahal Hak Siar

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral