Ilustrasi penduduk bumi.
Sumber :
  • tim tvone/sandi irwanto

Penduduk Bumi Capai 8 Miliar Manusia, Inilah Potensi Masalah dan Antisipasinya

Minggu, 20 November 2022 - 10:25 WIB

Persoalan kependudukan menjadi masalah yang kerap terjadi di berbagai negara. Beberapa masalah kerap terjadi, seperti tidak meratanya fasilitas kesehatan, tidak meratanya proses pembangunan, dan lainnya. 

Dr Lutfi Agus Salim SKM MSi dosen sekaligus peneliti demografi dan kependudukan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair) menjelaskan ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menghadapi potensi masalah kependudukan.

Pembangunan Berwawasan Kependudukan

Penduduk dunia yang semakin bertambah menunjukkan bahwa betapa pentingnya masalah penduduk dalam pembangunan nasional. “Penduduk adalah titik sentral pembangunan karena pembangunan dilakukan oleh penduduk dan juga diperuntukan bagi kesejahteraan penduduk,” jelas Lutfi.

Oleh karena itu terlahir konsep tentang pembangunan yang berwawasan kependudukan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, pembangunan harus memihak kepada kepentingan dan kesejahteraan rakyat banyak.

“Pembangunan haruslah disesuaikan dengan potensi dan kondisi penduduk, memberikan kesempatan penduduk untuk berpartisipasi dan tidak ada diskriminasi sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka,” tutur Lutfi.

Kedua, pentingnya pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi kemajuan bangsa di masa depan. Ketiga, pembangunan yang berwawasan kependudukan harus pembangunan yang berkelanjutan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:09
02:29
02:19
01:59
04:18
05:50
Viral