Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.
Sumber :
  • ANTARA

Jokowi, Si Jenius

Minggu, 10 Oktober 2021 - 14:45 WIB

"Ketika pemerintah Afghanistan runtuh baru-baru ini, seluruh dunia menyaksikan. Tetapi ketika Indonesia, negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar, menghasilkan pemimpin yang dipilih secara demokratis paling efektif di dunia saat ini –Presiden Joko Widodo, yang dikenal sebagai Jokowi– hampir tidak ada orang di luar Indonesia yang mengetahui ceritanya..."

Demikian paragraf pembuka pada tulisan berjudul "The Genius of Jokowi" yang ditulis oleh Kishore Mahbubani, yang dirilis Project Syndicate pada Rabu, 6 Oktober 2021, lalu. Project Syndicate adalah sebuah media nirlaba yang fokus pada isu-isu internasional. 

Kishore Mahbubani merupakan profesor sekaligus peneliti institut di National University of Singapore. Mahbubani merupakan salah satu dari 50 pemikir dunia terbaik versi majalah Prospect pada tahun 2014.

Sementara pada summary tulisan berjudul "The Genius of Jokowi" itu, Kishore Mahbubani menuliskan, "Pada saat bahkan beberapa negara demokrasi kaya memilih penipu sebagai pemimpin politik mereka, keberhasilan Presiden Indonesia Joko Widodo layak mendapat pengakuan dan penghargaan yang lebih luas. "Jokowi" memberikan model pemerintahan yang baik yang dapat dipelajari oleh seluruh dunia."

Mahbubani memuji Jokowi sebagai pemimpin berpenduduk mayoritas Muslim terbesar, menghasilkan pemimpin yang dipilih secara demokratis paling efektif di dunia saat ini.
 
Ia mengisahkan Jokowi sebagai sosok yang jenius dan luar biasa, karena telah berhasil memimpin salah satu negara paling sulit di dunia untuk diperintah. 

Indonesia membentang 5.125 kilometer (3.185 mil) dari timur ke barat, membuatnya lebih luas dari benua Amerika Serikat, dan terdiri dari 17.508 pulau. 

Selain itu, hanya sedikit negara besar yang dapat menandingi keragaman etnisnya. Ketika ekonomi Indonesia menyusut 13,1 persen pada tahun 1998 sebagai akibat dari krisis keuangan Asia, banyak pakar meramalkan bahwa negara akan runtuh, seperti Yugoslavia.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:21
02:44
09:37
02:52
04:28
07:37
Viral